Transmisi Data

Pengerian trasmisi data.
Transmisi adalah pergerakan informasi melalui media telekomunikasi, Dan data merupakan fakta atau bagian dari fakta, yang mengandung arti yang yang dihubungkan dengan kenyataan simbol – simbol , gambar – gambar , kata – kata , angka – angka huruf – huruf atau simbol yang menunjukan suatu ide , objek , kondisi dan lain lain.
Jika di gabungkan trasmisi data adalah suatu pergerakan media telekomunikasi , transmisi memperhatikan pembuatan saluran yang dipakai untuk mengirim informasi serta memastikan bahwa informasi secara akurat dan dapat diandalkan.
•Transmisi dibagi menjadi 2 :
Transmisi Analog dan Transmisi Digital
1. Transmisi analog adalah suatu upaya mentransmisi sinyal analog tanpa memperhatikan muatannya; sinyal-sinyalnya dapat mewakili data analog atau data digital. Untuk jarak yang jauh dipakai amplifier yang akan menambah kekuatan sinyal sehingga menghasilkan distorsi yang terbatas, tetapi akan menikkan noise / gangguan.
2. Transmisi digital, berhubungan dengan muatan dari sinyal. Untuk mencapai jarak yang jauh
dipakai repeater yang menghasilkan sinyal sebagai '1' atau '0' sehingga tidak terjadi distorsi.

•Keberhasilan transmisi data tergantung pada :
1.Kualitas sinyal yang di transmisikan.
2.Karakteristik media transmisi.

•Beberapa media transmisi :
Transmisi media merupakan media yang digumakan untuk mentransmisikan datanya.
1.Hardwere / kawat keras / guided media.
Media yang dituntun karena gelombang-gelombang nya dituntun melalui jalur fisik.
2.Softwere / kawat lunak / unguided media
media yang tidak dituntun, menyediakan suatu device untuk mentransmisi gelombang elektromagnetik tetapi tanpa menuntunnya,melalui udara, hampa udara dan air laut.


•Kegunaan media transmisi
Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti [[telepon]], [[komputer]], [[televisi]], dan [[radio]] membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah [[kabel]]. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.

•Media Transmisi Data
aKabel Untiran.

Kabel jenis ini merupakan kabel yang paling luas penggunaannya karena dipergunakan untuk jaringan telpon. Kabel ini terbuat dari tembaga dimana beberapa pasang kabel di-untir dan dijadikan satu. Guna mempertinggi kualitas kabel, seringkali setiap pasang kabel akan saling di-untir sehingga disebut sebagai kabel untir-an.
b.Kabel Koaksial.
Pada jenis ini, kabel utama yang terbuat dari tembaga akan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lainnya dan diantaranya terdapat isolasi. Dari sudut harga, kabel ini lebih mahal apabila dibanding dengan kabel untiran, tetapi kualitas yang diberikan juga lebih baik.
c.FiberOpticCable(SeratOptik).
Dewasa ini terdapat usaha untuk menggunakan cahaya sebagai media komunikasi. Data yang ada akan dibawa oleh cahaya, dan untuk menyalurkan cahaya yang membawa data tersebut, diperlukan adanya suatu jenis kabel yang khusus, dan kabel inilah yang disebut sebagai fiber optic cable ataupun serat fiber. Fiber optic terdiri atas suatu gelas fiber yang sangat tipis dan dapat dipergunakan untuk menyalurkan data dalam jumlah dan kecepatan yang sangat tinggi.
d.GelombangRadio-AM.
Sinyal yang berbentuk analog, juga dapat ditransmisikan melalui udara, seperti misalnya: gelombang radio. AM-Radio yang merupakan singkatan dari Amplitude Modulation, dapat menangkap sinyal pada frekwensi yang sama, dan dengan kekuatan dan amplitude yang dimilikinya, dapatlah menggerakkan informasi kearah yang dituju.
e.PemancarRadio-FM/StationTelevisi.
Pemancar radio-FM dan station televisi juga dapat digunakan untuk menyalurkan gelombang analog. Dalam hal ini, Station televisi ataupun pemancar Radio-FM (Frekwensi Modulation) akan ng mendiami gelombang antara 54 hingga 806 megahertz (millions of cycles per second).
f.RadioKomunikasiGelombangPendek.
Dalam hal ini, radio komunikasi gelombang pendek banyak digunakan oleh kalangan tertentu, misalnya ORARI ataupun kepolisian, juga dapat dimanfaatkan untuk membawa sinyal analog ketempat yang dituju. Radio komunikasi gelombang pendek memiliki frekwensi yang lebih tinggi jika dibanding dengan frekwensi yang dimiliki oleh pemacar radio-AM.


g.TelephoneCellular.
Telpon celuler ataupun telpon genggam, ataupun telpon mobil yang bekerja pada frekwensi 825 hingga 890 megahertz, juga dapat dimanfaatkan sebagai suatu media transmisi komunikasi data.
h.GelombangMikro.
Komunikasi data melalui gelombang elektro magnet (udara) yang paling banyak digunakan adalah dengan gelombang mikro atau microwave. Cara ini bisa menjangkau jarak yang sangat jauh, sehingga banyak kalangan industri ataupun pribadi yang menggunakannya untuk memindahkan/ menyalurkan suara, video ataupun data komunikasi

i.Satelit.
Penggunaan satelit dirancang untuk mengurangi biaya pada pengiriman jarak yang sangat jauh. Apabila digunakan gelombang mikro, maka diperlukan banyak sekali station pemancar bumi yang harus dibangun. Disamping itu juga harus diingat adanya lautan yang memisahkan daratan satu dengan lainnya. Dengan menggunakan satelit, maka permasalahan yang ada bisa diatasi. Satelit secara umum bekerja pada frekwensi antara dua hingga 40 gigahertz (billion of hertz)

•Mode Transmisi
Trasmisi mode merupakan bagaimana suatu data dapat dikirimkan dari suatu alat dan diterima oleh alat lainnya.
1. Transmisi Serial
•Data dikirimkan 1 bit demi 1 bit lewat kanal
•komunikasi yang telah dipilih.
2.Transmisi Paralel
Data dikirim sekaligus misalnya 8 bit bersamaan melalui 8 kanal komunikasi, sehingga kecepatan penyaluran data tinggi, tetapi karakteristik kanal harus baik dan mengatasi masalah “Skew” yaitu efek yang terjasi pada sejumlah pengiriman bit secara serempak dan tiba pada tempat yang dituju dalam waktu yang tidak bersamaan.
•Serial and Paralel Data Transmission
Transmisi Serial
•Pengiriman data melalui jaringan transmisi .
•Kecepatan komputer pengirim dan penerima mungkin tidak persis sama, digunakan teknik “assynchronous transmission”.
•Tiap pengiriman data dengan panjang tertentu (ms 8 bit) dimulai dengan bit “start” dan diakhiri dengan bit “stop”.


Transmisi Paralel
•Dalam waktu bersamaan 8 bit (1 karakter) dikirim secara paralel
•Digunakan untuk menghubungkan komputer ke printer atau ke komputer lain dalam satu ruangan dengan menggunakan kabel dengan delapan kawat
•Transfer data lebih cepat, tapi hanya digunakan untuk jarak yang relatif pendek (mis 10 meter)

No comments:

Post a Comment