Beberapa instrumen derivatif




Future contract
Perjanjian yang mewajibkan pihak-pihak dalam perjanjian untuk membeli atau menjual sesuatu pada waktu tertentu dimasa yang akan datang pada harga yang telah ditetapkan.
perjanjiannya terstandarisasi (waktu dan kualitas pengirimannya). diperdagangkan di bursa yang terorganisasi, market to market. terdapat peranan clearing house.

Forward Contract
Perjanjian serupa future contract yang tidak terstandarisasi. Tidak selalu diperdagangkan di bursa, negotiable, dan tidak ada peranan clearing house.

Option on Futures
Option contracts yang menggunakan futures contracts sebagai underlying asset nya.

Swap
Suatu perjanjian dimana dua pihak setuju untuk saling melakukan tukar menukar pembayaran secara periodik. Cash flow yang diterima kedua pihak bergantung pada nilai dari jenis aset yang dipertukarkan (mis. Instrumen hutang atau valas).
Jenis-jenis swap : interest rate swap, equity swap, currency swap.

Option
Suatu kontrak dimana si penerbit/penulis memberikan hak kepada pembeli opsi hak, bukan kewajiban, untuk membeli dari atau menjual kepada penerbit sesuatu pada harga tertentu dalam periode waktu tertentu. Pembeli mempunyai pilihan untuk menjual/membeli, tetapi penerbit mempunyai kewajiban memenuhi pilihan pembeli.

Harga opsi adalah sejumlah tertentu yang harus dibayar pembeli opsi untuk kompensasi pemberian hak.

Call option adalah hak membeli instrumen yang telah ditetapkan dalam kontrak.

Put option adalah hak menjual instrumen yang telah ditetapkan dalam kontrak.

No comments:

Post a Comment