ASPEK KEAMANAN
1. Privacy
– Aspek ini berhubungan dengan kerahasiaan data-data.
– Serangan terhadap aspek ini antara lain adalah penyadapan data
2. Integrity
– Integrity (keutuhan) mengatakan bahwa data atau informasi tidak boleh
berubah (tampered, altered, modified) tanpa ijin dari pemilik.
– Serangan terhadap aspek intergrity adalah adanya virus, trojan horse, atau
masuknya orang yang tidak berhak ke sistem informasi.
3. Authentication
– Aspek authentication digunakan untuk meyakinkan keaslian data, sumber
data, orang yang mengakses data, dan server yang digunakan.
– Serangan terhadap mekanisme authentication antara lain adalah pemalsuan
password, tanda pengenal, atau identitas lainnya.
4. Availability
Aspek availability (ketersedian) menjamin bahwa data dan informasi harus
dapat tersedia ketika dibutuhkan.
5. Non-repudiation
Aspek non-repudiation mengatakan bahwa seseorang tidak dapat
menyangkal apabila dia telah melakukan sebuah transaksi.
6. Access control
Aspek ini membatasi atau mengatur siapa boleh melakukan apa. Biasanya
akses ke suatu data atau sistem memiliki tingkat (level).
ANCAMAN KEAMANAN
a. Kerahasiaan : Terjamin kerahasian data yang dimiliki.
b. Integritas : Data hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang
berwenang.
c. Ketersediaan : Ketersediaan data untuk diakses oleh pihak-pihak yang
berwenang.
No comments:
Post a Comment